Pernah mendaki Gunung Semeru? Pasti tahu bagaimana indahanya sunrise Ranu Kumbolo. Pada 4 April, pendakian Gunung Semeru kembali dibuka, foto ini mungkin bisa penambah semangat untuk Anda kembali menyapa Semeru

Sunrise Ranu Kumbolo, merupakan salah satu sunrise yang paling istimewa yang ada di Indonesia.

Dibilang istimewa, karena untuk melihatnya, Anda harus berjalan, mendaki beberapa hari untuk sampai disini. Belum anomali cuaca di Ranu Kumbolo, sering berubah, kadang badai, kadang terik, hujan. Selain itu masih banyak effort yang lain yang dikeluarkan untuk mendapatkan sunrise yang istimewa di Ranu Kumbolo ini.

Berikut kumpulan foto dari para pendaki yang berhasil mengabadikan istimewanya Sunrise Ranu Kumbolo.

Kebetulan Ranu Kumbolo Tidak Sedang Ramai, Enak, Ya!

Masih pagi, masih sepi, momen yang pas untuk memotret sunrise. Sumber Foto

Jadi Ingin Punya Rumah Seperti Ini, Buka Pintu, Pemandangannya Langsung Sunrise Ranu Kumbolo!

Meskipun silau, tapi membuat betah tak ingin pulang. Sumber Foto

Menikmati Sunrise Ranu Kumbolo, Berdua, Jadi Sempurna!

Ranu Kumbolo serasa milik berdua, pendaki lain lagi ngontrak. Sumber Foto

Ranu Kumbolonya jadi semakin cantik, ya!

Posenya tidak berlebihan, pemandangannya lebih sempurna. Sumber Foto

Serasa Matahari Membelah Ranu Kumbolo

Mumpung yang lain belum bangun, foto dulu. Sumber Foto

TIPS MENDAKI RANU KUMBOLO

Sebelum melakukan pendakian ke Ranu Kumbolo, ada baiknya kamu mempersiapkan fisik yang prima terlebih dahulu dengan melakukan olahraga rutin seperti jalan cepat ataupun berlari selama 60 menit setiap hari. Karena pendakian selama 4-6 jam dapat membuat kakimu ‘kaget’ dan ini dapat menyebabkan kram ataupun gangguan otot lainnya. Belum lagi, kamu harus membawa beban perbekalan di punggung, menuntutmu untuk punya kesiapan fisik yang ekstra.

Di Ranu Pane, kamu juga akan diminta bukti kesiapan fisik berupa surat keterangan sehat dari dokter, jadi sebaiknya siapkan sebelum mendaki, ya. Nggak lucu, kan kalo kamu udah siap dengan peralatan lengkap dan tiba di Ranu Pane, namun ditolak oleh petugas karena kamu tak memiliki surat keterangan sehat tersebut. Siapkan juga fotokopi KTP atau identitas lain yang berlaku, karena ini akan diminta oleh petugas pendaftaran di Pos Ranu Pane.

Tak perlu membawa pakaian terlalu banyak saat mendaki Ranu Kumbolo, yang terpenting adalah pakaian tersebut dapat melindungimu dari udara dingin, karena suhu di Ranu Kumbolo, terutama saat malam hari dapat mencapai hanya beberapa derajat celcius yang dapat membuatmu beku.

Perbekalan juga tak perlu membawa terlalu banyak, cukup bawa bekal makanan secukupnya, dan snack cokelat ataupun snack berenergi lain dan air putih yang cukup untuk dikonsumsi selama kamu dalam perjalanan mendaki. Membawa daging ataupun ikan yang telah dibumbui juga ide yang bagus, sehingga di Ranu Kumbolo nanti kamu hanya perlu untuk memanggang/membakarnya saja setelah mendirikan tenda. Wah, makan daging/ikan bakar di tengah udara dingin Ranu Kumbolo? Kedengerannya aja udah lezat ya!

Salah satu lagi yang terpenting adalah, siapkan kantong untuk menampung sampah-sampahmu, travelers. Dan jangan lupa untuk dibawa lagi saat kamu turun ke Ranu Pane, karena di sana disediakan tempat pembuangan sampah khusus. Jadilah pendaki yang bertanggung jawab dengan tidak merusak, dan ikut menjaga kebersihan.

sumber: https://phinemo.com
Download Apps Setrip disini: goo.gl/SRNYpD